Tune up engine

Apa itu Tune up mobil dan apakah perlu melakukan nya?

Mobil Anda membutuhkan penggantian oli rutin, kita semua tahu itu, tetapi kapan anda perlu melakukan tune up mobil?

Jadi apa itu Tune Up mobil ??

Pada mobil yang lebih tua, tune up mobil dibutuhkan setiap beberapa ribu kilometer. Proses tune up mobil modern berbeda dengan proses tune up mobil yang lebih berumur, karena tidak ada yang dapat disesuaikan dan semuanya dikendalikan oleh komputer.

Pada mobil modern, “tune-up” adalah layanan utama yang mencakup penggantian oli, penggantian filter udara engine, busi, dan mungkin beberapa item tambahan. Segera kunjungi bengkel auto vergian untuk mendapatkan layanan tune up mobil  profesional

Tune up mobil biasanya disarankan jika mobil mulai berjalan buruk (scroll ke bawah untuk gejala), atau ketika busi anda sudah waktu nya untuk diganti sesuai dengan jadwal perawatan. (Baca juga: cara menjaga mobil agar tahan lama)

Di bengkel mobil Auto Vergian settingan tune up kami sangat mengutamakan kenyamanan customer, sebelum melakukan penyetelanpada mobil anda, obrolkan dengan mekanik kami apa yang terbaik unutk mobil anda.

Busi

Busi mobil atau spark plug pada saat tune up

Busi menyediakan percikan listrik untuk memulai pembakaran di mesin Anda, jadi jika busi rusak atau aus, mesin Anda tidak akan berjalan dengan baik. Ada dua jenis busi: konvensional dan tahan lama (platinum atau iridium-tip).

Busi konvensional perlu diganti setiap 30.000-50.000 mil. Busi berujung Iridium atau platinum dapat bertahan hingga 50.000-120.000 mil

Busi yang usang dapat menyebabkan kekurangan daya, dan penghematan bahan bakar. Bahkan ignition coil akan gagal jika busi sangat usang. Pada mobil yang lebih tua, ignition wire, tutup distributor dan rotor juga diganti bersama dengan busi. Sebagian besar mobil baru tidak memiliki distributor atau kabel pengapian. 

Filter bahan bakar

Filter bahan bakar dulu merupakan bagian utama dari tune up mobil. Berkat peningkatan teknologi dan kualitas bahan bakar, penggantian filter bahan bakar tidak diperlukan di sebagian besar mobil modern.

Sekali lagi, jadwal perawatan Anda akan memberi tahu Anda, kapan Filter perlu diganti. Misalnya, jika Anda memiliki Ford Mustang 2009, Anda harus mengganti saringan bahan bakarnya setiap 30.000 mil sesuai dengan jadwal perawatan.

Namun, tidak disebutkan tentang filter bahan bakar dalam jadwal perawatan Toyota Camry 2019.

Demikian pula, untuk Honda Accord 2017 dan 2018 Mazda 3, filter bahan bakar bahkan tidak terdaftar. Nissan dalam Panduan Servis dan Perawatan 2010 mengatakan bahwa “Filter Bahan Bakar adalah item bebas-Perawatan (filter tipe dalam tangki).”

Gejala utama filter bahan bakar kotor adalah kurangnya daya pada akselerasi atau saat berkendara di atas bukit. 

Filter bahan bakar diesel

Filter bahan bakar diesel. Mobil diesel memang memiliki filter bahan bakar. Filter Bahan Bakar Diesel memiliki pemisah air.

Pemisah air perlu dikeringkan setiap 10.000 mil atau lebih cepat. Interval penggantian bervariasi.

Misalnya, jadwal perawatan untuk model Audi 2017 merekomendasikan mengganti filter bahan bakar diesel dalam model TDI setiap 20.000 mil.

Saringan udara pada saat tune up mobil

Saringan udara adalah satu-satunya barang yang harus diganti selama Tune up mobil.

Tugas utama filter udara adalah mencegah debu dan pasir masuk ke dalam mesin dan merusak dinding silinder.

Filter udara disarankan untuk diganti setiap 15.000-30.000 mil atau lebih cepat jika Anda sering berkendara di jalan yang tidak beraspal atau berdebu.

Ketika filter udara sangat kotor, itu menambah ketegangan pada mesin Anda – ingat bagaimana ruang hampa udara terdengar ketika ada sesuatu yang menyumbatnya?

Saringan Udara Mengganti saringan udara Mengganti saringan udara tidak terlalu mahal. Ketika Anda mengganti filter udara, mesin mobil Anda akan “bernapas” lebih baik.

Apa lagi yang perlu diganti atau disesuaikan selama tune up mobil?

Seringkali, pada mobil yang sudah berkilometer tinggi, throttle body mungkin menjadi kotor, dengan simpanan karbon mencegah katup throttle bekerja dengan baik. Mekanik Anda dapat merekomendasikan untuk membersihkan throttle body sebagai bagian dari tune up . 

Induksi bahan bakar

Item penyetelan yang sering disarankan adalah layanan induksi bahan bakar. Untuk melakukan layanan ini, seorang mekanik menyemprotkan larutan pembersih khusus atau busa ke dalam intake manifold.

Tujuan utamanya adalah untuk membersihkan simpanan karbon pada katup intake dan piston, yang dapat menyebabkan masalah pada mobil yang sudah berkilometer tinggi dengan injeksi bahan bakar langsung.

Pabrik kebanyakan tidak me-wajibkan jenis layanan ini dalam pemeliharaan yang disarankan.

Layanan ini lebih bermanfaat untuk masalah pada mesin jarak tempuh tinggi; jika mobil Anda bagus gasnya dan bekerja dengan baik, Anda tidak akan melihat banyak peningkatan. 

Baterai

baterai yang ada di mobil

Jika baterai Anda semakin lemah dan sudah lama tidak anda ganti, montir mungkin akan merekomendasikan untuk mengujinya juga. Biasanya montir akan menjalankan tes baterai dan sistem pengisian daya Anda dan jika kapasitas baterai rendah, ia mungkin akan merekomendasikan untuk menggantinya. Jika mobil Anda menderita jarak tempuh bahan bakar yang buruk, mekanik Anda mungkin menyarankan untuk mengganti sensor oksigen depan (atau keduanya dalam V6 atau V8).

Sensor oksigen adalah salah satu komponen utama yang bertanggung jawab atas jumlah bahan bakar yang digunakan oleh mesin.

Tentu saja, jika mobil Anda bekerja dengan baik dan lampu “Engine check” Anda tidak menyala, Anda tidak membutuhkannya. Biasanya sensor oksigen tidak perlu diganti sebagai bagian dari Tune up mobil terjadwal.

Timing belt

Timing belt juga sering diganti dengan tune up mobil utama. Tidak semua mobil memiliki timing belt; banyak mobil baru menggunakan rantai yang bebas perawatan. Jika mobil anda memiliki timing belt, itu akan disebutkan dalam jadwal perawatan mobil.

Drive belt

drive belt atau juga dikenal sebagai sabuk serpentine pada saat tune up mobil

Jika drive belt Anda (sabuk serpentine) sudah lama tidak diganti, montir mungkin juga dapat menyarankan untuk diganti selama tune up mobil. Drive belt menjalankan aksesori engine dan biasanya diganti setiap 40.000-70.000 mil.

Untuk beberapa mobil, mekanik mungkin merekomendasikan penyesuaian katup, terutama jika katup menjadi berisik. Layanan ini jarang dilakukan pada mobil baru, tetapi mungkin bermanfaat untuk beberapa kendaraan.

Gejala yang perlu diperbaiki saat Tune up mobil:

  • Mesin tidak mulai semudah sebelumny
  • Berlari kasar, terutama saat dimulai
  • Kadang-kadang salah tembak, terutama di cuaca lembab
  • Idle tidak stabil kasar, macet
  • Kurangnya kekuatan
  • Jarak tempuh gas yang buruk

Tip: Jika Anda ingin melakukan tune up mobil, beri tahu mekanik Anda masalah apa (jika ada) yang Anda miliki dengan mobil Anda, sehingga penyetelan akan disesuaikan untuk mengatasi masalah tersebut.

Saat Anda membawa kendaraan Anda ke Bengkel mobil Auto vergian untuk tune up mobil, Anda pada dasarnya meminta teknisi terampil kami untuk memeriksa mesin Anda, menganalisis kinerja kendaraan, dan melakukan penyetelan mobil sesuai kebutuhan.

Checklist tune up mobil

kami akan mencakup penilaian engine preventif dan restoratif, dan rekomendasi perawatan akhir yang akan bervariasi dari kendaraan ke kendaraan berdasarkan usia, jarak tempuh, dan rekomendasi pabrikan yang unik.

Untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi di bawah kap ketika Anda menurunkan mobil, kami telah menyusun daftar periksa penyetelan engine dasar:

  1. Periksa tampilan visual busi: apakah sudah dipakai? Apa warna hidung penembakan insulator? Mesin dalam kondisi baik harus memiliki busi dengan tan yang menyala terang atau abu-abu. Warna lain bisa menjadi tanda masalah mesin.
  2. Uji kinerja busi. Apa warna percikannya? Apakah percikan menyalakan bahan bakar dengan benar?
  3. Periksa kabel busi untuk memastikan tidak keras atau retak.
  4. Periksa filter bahan bakar untuk memastikan tidak tersumbat atau kotor.
  5. Periksa pompa bahan bakar engine untuk fungsi yang benar.
  6. Periksa injektor bahan bakar mesin untuk memastikan kotoran atau endapan lainnya tidak membatasi jumlah bahan bakar yang dapat dikirim ke mesin.
  7. Pastikan penumpukan injektor bahan bakar tidak memengaruhi cara busi menyala.
  8. Sesuaikan waktu engine dan idle jika perlu.
  9. Periksa apakah katup PCV tidak tersumbat atau bocor.
  10. Periksa titik dan kondensor kendaraan
Summary
Apa itu Tune up mobil dan apakah perlu melakukan nya?
Article Name
Apa itu Tune up mobil dan apakah perlu melakukan nya?
Description
Kenali apa itu yang dimaksud oleh Tune up mobil, dan apakah mobil anda membutuhkan nya. cari tahu juga gejala gejala yang perlu diperbaiki.
Author
Publisher Name
Bengkel mobil Auto vergian
Publisher Logo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *