mesin mobil yang panas berlebih

7 alasan mesin mobil cepat panas dan cara mengatasi nya

Cara mengatasi mesin mobil yang cepat panas.

Dengan gaya hidup perkotaan yang sibuk, sebagian dari kita cenderung melupakan hal-hal dasar dalam hidup seperti melakukan perawatan mobil secara teratur. Namun, dengan menyepelekan hal-hal mendasar dapat menyebabkan skenario yang tidak diinginkan. Inilah sebabnya mengapa disarankan untuk merawat mobil dengan serius, terutama jika Anda memiliki model mobil yang lebih tua. Untuk mencegah mesin mobil menjadi cepat panas.

Tapi jangan kawatir, karena di bengkel Auto vergian anda bisa melakukan checkup mesin mobil anda secara keseluruhan dan akan langsung ditangani oleh mekanik handal yang berpengalaman. untuk menghindari mesin mobil yang cepat panas .

Dengan merawat mobil secara rutin, Anda dapat mencegah kerepotan yang terkait dengan mobil, seperti mesin mobil mesin mobil yang cepat panas (engine overheat). Berikut adalah tujuh cara mencegah mesin mobil Anda menjadi cepat panas.

Periksa pendingin dan radiator mobil Anda secara teratur

Salah satu cara terbaik untuk mencegah mesin mobil Anda dari panas berlebih adalah dengan secara teratur memeriksa reservoir pendingin dan radiator. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda memiliki pendingin dan air yang cukup. 

Periksa sekali seminggu atau setiap hari sebelum Anda berangkat. Jika anda akan melakukan perjalanan jauh, pastikan untuk memeriksa pendingin dan air mobil Anda untuk mencegah mesin mobil menjadi terlalu panas – 

Anda pasti tidak ingin menghabiskan perjalanan Anda dengan mobil yang mogok, kan?

Perhatikan pengukur suhu

Pengemudi sering melihat indikator bahan bakar dan berharap mempunyai bahan bakar yang cukup untuk perjalanan yang akan ditempuh. Beberapa cenderung mengabaikan indikator suhu begitu saja, yang merupakan alat penting dalam membantu mencegah mesin terlalu panas. Karena ini merupakan pengukur suhu, alat itu ada di sana untuk memberi tahu pengemudi jika mesinnya terlalu panas. 

Tahukah anda Bahwa Auto Vergian mempunyai promosi promosi menarik yang bisa menghematkan anda hingga jutaan saat anda servis mobil

Matikan AC mobil

Matikan AC mobil Anda ketika suhu mesin meningkat. Ini akan membantu mesin mengurangi bebannya dan akan memberi Anda lebih banyak waktu dalam menahan suhu panas mesin mobil anda.  Di sisi lain, Anda juga dapat menghidupkan blower mobil karena ini akan menyedot panas dari ruang mesin ke kabin. 

Ya, kabin bagian dalam akan terasa panas tetapi ini dapat membantu mencegah mesin mobil Anda menjadi terlalu panas – anggap saja Anda sedang berada di dalam sauna dan akan mendapatkan pijatan seluruh tubuh.

Rev sementara dalam kondisi netral

Jika Anda terjebak kemacetan, ubah gear mobil Anda menjadi netral dan injak pedal gas. Sehingga, kipas mobil memutar lebih kencang dan memompa lebih banyak udara dan juga memungkinkan pendingin mobil Anda mengalir.

Tarik ke tempat yang aman

Jika suhunya terus naik, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menepi ke tempat yang aman – seperti tempat istirahat di sepanjang jalan tol, atau pompa bensin. Setelah menemukan tempat yang aman untuk berhenti, matikan mesin mobil Anda dan buka kapnya sehingga panas yang terperangkap di ruang mesin dapat keluar. 

Kemudian, diamkan mesin sekitar 20 menit dan biarkan sehingga mesin kembali ke temperatur normal.

 Setelah uap mereda, tuangkan air ke radiator untuk menurunkan suhu lebih lanjut; lakukan ini setelah 20 menit atau lebih telah berlalu karena jika Anda melakukannya lebih cepat dari itu, radiator Anda – atau lebih buruk, blok mesin Anda – mungkin retak karena perubahan suhu yang tiba-tiba dan akan memakan biaya perbaikan yang lebih mahal.

Bawa cairan pendingin dan air ekstra

mesin mobil menjadi panas yang berlebih

Anda harus memiliki pendingin tambahan dan sekitar enam galon air di mobil Anda karena dua hal ini akan berguna ketika mesin mobil Anda terlalu panas. Buka tutup radiator setelah mesin menjadi dingin – jangan pernah membuka tutupnya ketika suhu tinggi karena memiliki tekanan yang dapat menyebabkan luka bakar yang serius. Setelah membuka tutupnya, isi radiator dengan air.

Periksa kebocoran pada mobil

Setelah menuangkan air dan cairan pendingin, pantau suhu mobil Anda sebelum melanjutkan perjalanan anda. Jika masih naik, kemungkinan mobil Anda bocor. 

Saatnya untuk memanggil mekanik tepercaya ketika ini terjadi untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada mobil Anda. Secara keseluruhan, Anda dapat mencegah mesin mobil Anda mengalami panas berlebih jika Anda melakukan pemeriksaan pemeliharaan rutin. 

Di bengkel Auto vergian kita menyediakan servis dan check up mobil secara keseluruhan supaya anda tidak akan repot jika mesin tiba-tiba overheat dalam perjalanan. 


Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *